Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan


Mengingat bahwa psikologi pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik psikologi kedalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan meliputi topik-topik psikologi yang erat hubungannya dengan pendidikan.

Crow & Crow (Ngalim, 1995:10) secara eksplisit mengemukakan psikologi pendidikan sebagai ilmu terapan berusaha untuk menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah.

Sejalan dengan pendapat diatas, Crow & Crow mengemukakan bahwa data yang dicoba didapatkan oleh psikologi pendidikan, yang demikian merupakan ruang lingkup psikologi pendidikan, antara lain adalah :

a. Faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar

b. Sifat-sifat dari proses belajar

c. Hubungan antara tingkat kematangan dan kesiapan belajar

d. Signifikasi Pendidikan terhadap perbedaan individual dalam kecepatan dan keterbatasan belajar

e. Perubahan jiwa yang terjadi selama belajar

f. Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil belajar

g.Teknik yang efektif dari pendidikan formal

h. Pengaruh/akibat relatif pendidikan formal dibandingkan pengalaman belajar yang insidental dan informal terhadap suatu individu

i. Nilai/manfaat sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi pihak universitas

j.Pengaruh psikologis yang ditimbulkan oleh kondisi sosiologis terhadap sikap mahasiswa

Seluruh kegiatan interaksi pendidikan diciptakan bagi kepentingan mahasiswa, membantu pengembangan semua potensi dan kecakapan yang dimiliki setinggi-tingginya. Berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan, potensi, kecakapan, dinamika perilaku, serta kegiatan mahasiswa terutama perilaku belajar menjadi kajian utama dalam psikologi pendidikan.

Sumber: Ngalim Purwanto (2002) Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Rosdakarya


Leave a Reply