Strategi Pendidikan Sumber Daya Manusia


Strategi pendidikan sumber daya manusia berubungan dengan pendidikan  yaitu ( yang meliputi pengembangan dan pelatihan) suatu organisasi pembelajaran ( learning organization) dan pemberian kesempatan pembelajaran, pengembangan dan pelatihan agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja individual, tim dan organisasi.

Organisasi pembelajaran adalah organisasi yang terus menerus memperbaiki dan menciptakan dan memperhalus kemampuan yang dibutuhkan untuk keberhasilan kelak dengan cara yang tepat. Oleh karena itu organisasi pembelajaran harus mampu beradaptasi dengan konteksnya dan mendidik pula ( mengembangkan dan melatih ) orang-orang sehingga dpat bersesuaian dengan konteksnya.

Makna strategi pendidikan sumber daya manusia

Strategi pendidikan sumber daya manusia dapat didefinisikan sebagai strategi yang meliputi upaya memperkenalkan, menghapuskan, memodifikasi, mengarahkan dan membimbing proses dan pertanggungjawaban dengan cara sedemikian rupa sehingga semua orang an tim diperlengkapi dengan kemahiran, pengetahuan dan kompetensi yang mereka perlukan ntuk melaksanakan tugas saat ini dan yang akan datang untuk dibutuhkan oleh organisasi.

Dapat digambarkan dengan lebih jelas, bahwa strategi pendidikan sumber daya manusia merupakan suatu strategi pendidikan yang mencakup pengembangan dan pelatihan yang lahir dari visi yang kuat mengenai kemampuan dan potensi manusia dan sekaligus terbit dalam rangka strategi bisnis keseluruhan.

Startegi pendidikan sumber daya manusia bekerja berdasarkan pandangan yang luas dan berjangka panjang mengenai bagaimana strategi pendidikan sumber daya manusia tersebut dapat mendukung pencapaian tujuan strategis suatu bisnis. Strategi pendidikan sumber daya manusia mengalir dari strategi bisnis, namun mempunyai peranan positif dalam membantu memastikan bahwa bisnis tersebut dapat mencapai tujuannya.

Untuk melaksanakannya, upaya yang pentng adalah mengembangkan dan melatih basis kemahiran dan modal intelektual ( intellectual capital) yang dibutuhkan organisasi dan sekaligus menjamin bahwa kualitas manusia yang tepat tersedia untuk memenuhi kebutuhan disaat ini dan di waktu yang akan datang, karena itu sifat strategi pendidikan sumber daya manusia adalah menyeluruh, terpadu, berjangka panjang dan fundamental

Sumber : Sastradipoera, Komaruddin (2006), Bandung. Kappa-Sigma Bandung


Leave a Reply